DUA SISI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK

Oleh: Qomarotul Lail Safrianti

sumber foto : riaupos.jawapos.com

Di era digital ini perkembangan peranti teknologi terutama gadget berkembang pesat dan semakin marak digunakan berbagai kalangan. Tidak hanya remaja dan orang dewasa, anak-anak sekalipun tidak luput dari hal tersebut. Tentu ini tidak terlepas dari peran orang tua yang memberikan kebebasan dalam menggunakannya. Menurut data dari kominfo.go.id dalam artikel yang berjudul Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja dalam Menggunakan Internet, setidaknya ada 30 juta anak-anak dan remaja di Indonesia yang mengakses internet.

Fenomena ini terjadi karena kebanyakan orang tua memberikan mindset bahwa gadget adalah hal yang lumrah untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Bahkan peran orang tua yang seharusnya menjadi sosok teman bermain dan bercerita anak mulai tergantikan dengan kehadiran gadget. Orang tua tidak perlu repot-repot membelikan berbagai mainan ataupun menemani anak secara intens, anak bebas berselancar di dunia maya maupun memainkan game, sehingga orang tua bebas bekerja maupun melakukan aktivitas lainnya. Bahkan anak yang mengalami tantrum ketika diberi gadget seketika menjadi tenang, ibarat kata diberi gadget masalah selesai.

Padahal dalam perkembangannya usia 1-5 tahun merupakan periode yang sangat sensitif terhadap suatu informasi yang ditemukan disekitarnya atau biasa disebut sebagai Golden Age. Anak akan meyerap berbagai perilaku yang ada di lingkungannya. Pada masa ini seluruh aspek perkembangan kecerdasan, seperti intelektual, emosi, dan spiritual mengalami perkembangan luar biasa yang akan memengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya.

Disisi lain pemakaian gadget pada anak juga dapat membawa efek negatif, baik bahaya yang langsung terlihat maupun bahaya jangka panjang. Berikut  bahaya penggunaan gadget pada anak yang dirangkum dalam berbagai sumber:

  1. Resiko terkena radiasi elektromagnetik
  2. Kemampuan psikomotorik berkurang
  3. Kesulitan beradaptasi dengan materi pelajaran
  4. Kecanduan atau ketergantungan terhadap gadget
  5. Anak rentan terpapar pengaruh buruk internet , juga rentan menjadi korban predator anak yang berkeliaran di internet, serta bulliying.
  6. Memengaruhi perkembangan kesehatan mental dan sosial
  7. Anak menjadi lamban dalam berfikir

Selain dampak negatif tersebut, di sisi lain ada beberapa manfaat bagi anak yang sejak dini sudah berkenalan dengan gadget. Setidaknya anak sudah familiar dengan teknologi demi menunjang pengetahuan serta mempersiapkan anak menghadapi era digitalisme. Anak juga akan lebih betah berdiam diri di dalam rumah sehingga memudahkan orang tua dalam mengawasi dan melakukan aktivitas lain. Selain itu gadget juga memberikan fasilitas game  yang mengasah kemampuan otak dalam aplikasi tertentu seperti puzzle, tebak gambar, permaianan kata dan lain sebagaianya. Teknologi memang seperti pisau tajam bermata dua. Di satu sisi memeberikan manfaat, namun di sisi lainnya juga memberikan efek negatif apabila tidak dibarengi dengan penggunaan secara bijak.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pemakaian gadget pada anak diperbolehkan dalam skala prioritas tertentu. Apabila anak memiliki urusan urgent yang mengharuskannya menggunakan gadget maka diperbolehkan, tentu saja harus dibarengi dengan berbagai ketentuan dan pengawasan orang tua. Namun apabila tidak terlalu urgent untuk digunakan maka alangkah lebih baik tidak menggunakannya. Hal ini bisa diganti dengan aktivitas anak  pada umumnya seperti bermain, berkreasi, atau menggambar.

Berikut tips dan aturan main untuk penggunaan gadget pada anak dari Psikolog Arnnelia Sari Sani yang dilansir dari artikel Tempo.co:

  1. Maksimal dua jam penggunaan
  2. Orang tua harus menguasai cara mengoperasikan gadget
  3. Orang tua harus selalu mendampingi anak saat bermain gadget
  4. Orang tua harus mengajari etika dunia maya
  5. Diskusikan dengan anak terkait informasi yang akan diakses
  6. Biasakan saat bermain di luar tanpa membawa gadget
  7. Zona tanpa gadget, misal tidak bermain gadget saat makan maupun kumpul keluarga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *